Selasa, 05 Januari 2016

Gue Anak Siapa?

Pernah nggak sih Lo dibilang nggak mirip siapapun dikeluarga lo? Terus abis itu lo dibilang bukan anak bapak ibuk lo? Yang pernah dibilang kek gini pasti nyess banget atinya. Ya nggak? Ya dong. Gue nulis gini karena kemaren tu ada orang baru dateng kerumah nyari sodara gue trus abis itu dirumah nggak ada orang cuman gue sebatangkara, nah berhubung nggak ada orang gue keluar lah buat nyamperin tu orang, gue kasik tau aja semua orang pergi pulang ke jawa ada nikahan sodara. Trus dia nanyak lagi “saudaranya siapa dek yang nikah?” dalam benak gue “kepo banget ni orang peduli amat sodara siapa yang nikah yang pasti kan bukan sodara lo!” cuman dalam hati. “sodara istrinya mas, om.” “trus adek siapa?” “saya adeknya mas, om.” “masak adeknya? Serius? Adik kandung? Kok nggak mirip.” Sialan ini orang, denger jawaban gue terkejutnya kek denger berita besok kiamat. Nyebelin banget, apa perlu gue pergi ke rumah sakit sekarang juga buat tes DNA. Abis itu gue nggak jawab apa-apa cuman nyengir gitu aja. 

Orang itu adalah orang yang ke 1000.099 dari sekian banyak orang yang bilang gue nggak mirip siapapun di keluarga gue. Kadang gue mikir, tiap gue berdialog batin dengan kaca emang bener sih perkataan orang-orang itu. Gue nggak mirip siapapun, mulai dari tingkah laku sampai fisik dan rupa. Bapak gue tinggi jangkung. Emak gue kurus kecil. Kakak-kakak gue normal. Dan gue?? Bantet dan pendek. Sebenernya gue anak siapa? Anak pungut dari TPA kah? Anak nemu di got tetanggakah? Anak bidadari yang kena kutuk kah? Atau anaknya pangeran william dan kite middleton? hmmmm. Selalu ada kemungkinan dibalik 10000349600269946896 ketidakmungkinan.

Awalnya gue biasa-biasa aja, nggak peduli. Nggak apa-apa kok gue nggak mirip sama keluarga gue. Tapi makin gue dewasa makin kentara perbedaannya. Gue yakin kok gue anak emak gue, siapa lagi manusia yang mau ngelahirin gue didunia ini kecuali emak gue yang baik hati dan tidak sombong. Tapi hal itu menjadi apa-apa ketika makin banyak jumlah manusia yang bilang gue nggak mirip Emak, Bapak, dan kedua Mas Mas gue. Gue mulai khawatir. Akhirnya gue mulai melakukan riset. Setelah gue menganalisa dan bereksperimen melalui siklus yang panjang sepanjang jalan kenangan. Akhirnya gue menemukan titik terang, kenapa gue dan Mas Mas gue kagak mirip. Jawabannya adalah gue cewek dan Mas gue cowok. Itu penemuan paling hebat abad ini. Gue merasa gue  adalah manusia paling jenius setelah menemukan teka-teki ketidakmiripan yang melegenda dalam keluarga gue.

Jadi intinya, mirip atau tidak mirip dalam kuluarga bukanlah patokan lo anak siapa. Misalnya aja lo anak Presiden dan muka lo pas-pasan nggak mirip siapapun sama Ibu dan Bapak negara atupun sodara-sodara lo yang kebetulan anak presiden juga. Trus lo mau resign(mengundurkan diri) jadi anak presiden gitu? Ya nggaklah palingan lo cuman dipecat aja jadi anaknya. Hmmm Sepertinya imajinasi gue berlebihan.

Gue dilahirin disebuah desa kecil yang sangat sepi bahkan setelah proses globalisasi masuk dan menggerogoti Indonesia desa gue masih aja kecil dan tetep aja sepi sesepi hati gue saat ini. Saking kecilnya ketika lo nyari di peta Indonesia meskipun lo pake kaca pembesar sebesar rasa cinta gue ke Lee Donghae atau minjem kaca matanya kuda lo nggak bakal nemu dimana desa gue berada. Gue sendiri bingung ini desa ada di Indonesia nggak sih. Gue dilahirin dari Emak yang paling gue cintai karena beliaulah satu-satunya orang di dunia yang  selalu bilang gue cantik tapi beliau paling nggak bisa bohong kalo masalah hidung, beliau nggak pernah mau bilang hidung gue mancung. Hidung gue flat bukan pesek dan cuman gue satu-satunya yng punya hidung flat di keluarga gue. Gue semakin galau apa jangan-jangan pas gue lahir kena cipratan bom nuklirnya rusia apa gimana, gue nggak paham sama siklus perkembangan gue. Tapi ya sudahlah gue mencoba untuk selalu berfikiran positif, karena energi positif akan membawa segala sesuatunya menjadi tidak negatif. Apapun kenyataannya gue selalu sayang sama keluarga gue apalagi kalo uang jajan ditambahin. Sekian dulu tulisan absurd gue kali ini, gue berharap kalian semua nggak baca tulisan gue sampai selesai tapi kalo lo baca kalimat terakhir ini itu tandanya lo udah baca sampe selesai dan lo berhasil melakukan uji nyali. Kuota makin mahal, nulisnya nggak boleh panjang-panjang. Pesan terakhir dari gue, Cintailah keluargamu sepenuh hati karena Keluarga ku adalah Keluarga ku dan Keluarga mu adalah Keluarga mu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar