Selasa, 05 Agustus 2014

Pengalaman saat daftar ulang (universitas udayana)



Pengalaman saat daftar ulang (universitas udayana)

27 mei 2014 merupakan hari yang amat sangat bersejarah bagiku. Tepat ditanggal itu pengmuman hasil SNMPTN diumumkan. Duuhh rasanya tuh jantung kayak banteng yang lagi ngamuk mau lepas dari kandangnya, deg degan bangett… hari itu aku juga pas kurang fit gitu, lagi sakit ceritanya. Pengumumannya kan jam 12 siang teng teng, dengan kondisiku yang setengah sadar+jantung dagdigdug nggak karuan tangan juga kejer-kejer sambil pegang hp aku beranikan diri buka web resmi snmptn, aku masukkan NISN sama tanggal lahir sebagai password dan coba tebak hasilnya gimana? Jengjengjeenngggg….. aku LOLOS! Yeaayyy…

Aku bersyukur banget loh bener-bener nggak nyangka aku lolos snmptn yang notabene pendaftarnya ratusan ribu nggak pake rupiah dari seluruh Indonesia. Akupun segera mengesms #bahasaapaini temen-temen ku yang lainnya, ada yang gagal dan banyak juga yang lolos. Bahkan yang paling menyedihkan adalah temen ku yang pinter pake banget nggak  lolos snmptn L.
Akupun nggak lama-lama larut dalam kegembiraan itu, masih ada tahap selanjutnya yang pasti lebih melelahkan. Iyap benar, aku segera harus berangkat ke bali (karena pilihan ptn ku ada dibali) buat wawancara bidik misi terus lanjut daftar ulang. Sebelum berangkat aku disibukkan dengan mengurus surat-surat yang dibutuhkan nanti disana, aku harus mondar mandir bikin surat keterangan tidak mampu, surat keterangan penghasilan orang tua, bikin ktp terus minta tanda tangan pak kepala desa. Terus juga bolak-balik kesekolah minta legalisir surat keterangan lulus dari kepala sekolah. Terbesit kebanggaan didalam hatiku karena semua itu aku lakuin sendiri tanpa nyusahin orang lain.
Setelah semua beres, tepat tanggal 1 juni 2014 aku berangkat kebali. Setelah perjalanan yang sangat panjang akhirnya pagi-pagi banget sampe sana. O iya aku nggak perlu nyari kos soalnya aku numpang dikosnya kakak ku. Agenda pertama ku setelah sampe sana adalah mempersiapkan segala hal yang dibutuhin buat wawancara bidik misi. Dengan santainya aku berangkat dengan dianter kakak ku kegedung fakultas sastra yang ada didenpasar, kami memang sengaja bersantai-santai karena gedungnya deket sama kos kakak ku tapi setelah sampe sana apa yang terjadi?! Jengjeengg.. setelah tanya sama salah satu petugas yang ada disana ternyata wawancaranya digedung rektorat yang ada di bukit jimbaran  APAA???? Seketika aku dan kakak ku melongo sejenak karena kita salah gedung. Dan seketika itu kami segera bergegas ke gedung rektorat yang tempatnya di bukit sana, kurang lebih butuh waktu satu jam perjalanan buat nyampe kesana, karena ini udah siang kita harus buru-buru. Syukur alhamdlillah kami sampe sana masih belum terlambat. Aku segera menuju bagian resepsionis buat ngisi daftra hadir terus disuruh nunggu nanti dipanggil. Setelah menunggu sebentar akhirnya aku masuk ke gedung yang luas itu, dan ternyata disana banyak juga anak yang sedang melakukan wawancara. Setelah beberapa menit wawancara selesai, berkas-berkas ku juga udah lengkap. Saatnya kembali ke kos, tinggal nunggu pengumuman lolos atau tidaknya.
Tanggal 5 juni hasilnya diumumkan, aku sengaja buka websitenya nggak terlalu pagi-pagi amat karena yang upload pasti juga belum bangun. Agak siang dikit hasilnya udah keluar, aku membaca satu persatu nama dari atas sanpe kebawah tapi nama ku kok nggak ada-ada ya, aku coba ulangi lagi dan ternyata nama ku nyelip ditengah-tengah nama yang panjang-panjang itu. aku udah positif dapat beasiswa bidik misi. Jadi syukur ahamduillah nanti aku kuliah 8 semester nggak bayar sama sekali.
Kita beranjak ke misi selanjutnya. Registrasi ulang mahasiswa baru yang lolos lewat jalur SNMPTN itu tanggal 17 juni. Dengan jeda yang begitu lama itu, aku menunggu tanggal 17 dengan malas-malasan nggak ada yang aku kerjain Cuma nonton tv dan online aja, sangat membosankan sih sebenernya. Sebeumnya mesti registrasi online dulu.l Akhirnya waktu registrasi ulang tiba, pagi-pagi banget aku udah bangun (padahal biasanya bangunku jm 8-9 gitu :D) jam 8 wita harus sampe sana, karena yang nganter ini kakak ku satunya dia nggak tau jalannya, jadi ya sempet muter-muter dulu setelah pusing baru deh nyampe gedung rektoratnya. Aku terlambat dikit sih, yang lainnya udah baris menurut jurusannya masing-masing aku mesti nyari barisan jurusan ku aku Tanya ke pak petugasnya katanya disuruh nanya sendiri ke anak-anak yang udah baris, syukur deh aku nanya sekali pas banget itu juga anak sastra inggris jadi ya aku tinggal baris dibelakangnya aja. Setelah baris dan diberi pengarahan kami disuruh masuk ke gedung widyasabha, disana kami haru mengisi daftar hadir karena kalo nggak ngisi itu kita nggak dianggap ikut registrasi ulang dan gagal deh kita jadi mahasiswa unud. Tapi aku ngisi daftar hadir kok jadi ya aku nggak gagal dong jadi maba unud. Selanjutnya, tiap fakultas dipanggil buat verifikasi nilai rapor asli. Syukur banget fakutas sastra dipanggil depan sendiri alhasil nanti pulangnya juga depan sendiri hehe. Setelah nilai rapor cocok sama daftar nilai yang dipegang petugasnya kami digiring ke belakang gedung buat nyerahin berkas registrasi online yang sebelumnya udah diisi dirumahnya masing-masing. Setelah semua lengkap terus dikasih map yang covernya gedung unud gede banget (loh salah focus yang aku liat covernya bukan isinya -__-). Setelah aku buka sebentar ternyata didalemnya ada kartu mahasiswa atas nama ku dan ada gambar ku juga, wahh berarti itu milikku dong yeaayyy aku resmi jadi mahasiswa universitas udayana. Lagi, aku dibuat senang dengan hasi jeripayahku. Bener-bener harus banyak-banyak bersyukur banget nih.

sebelum para dedek-dedek gemes sekalian bertanya, harap baca postingan ini dulu ya Hai Para Calon MaBa (MAHASISWA BARU)


Pembaca bijak tinggalkan jejak 

14 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kerennn kakk, btw selamat yaaa.
    Aku mau nanya banyak ni kak soal bidikmisi, boleh minta kontak ngga??
    Atau aku langsung tanya di kolom komentar sini?? Aku siswa sma4denpasar lulusan 2016 nanti rencananya mau nyari bidikmisi juga. Makasi sebelumnya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallooo.. boleh kok boleh banget malahan..
      hubungi kk di nomor ini ya 085737358583 atau lewat line trituti_elf. semoga dapet ya bidikmisinya ^^

      Hapus
  3. Kak mau nanya nih , unud emang pilihan pertama kk atau bkn?

    BalasHapus
  4. iya,emang pilihan pertama ku unud :"

    BalasHapus
  5. Kak mau tanya2 aku line nanti boleh ya.

    BalasHapus
  6. kaka minta id linenya mau tanya2 ya

    BalasHapus
  7. kaka minta id linenya mau tanya2 ya

    BalasHapus
  8. Kakak, aku Annisa, mau tanya tanya tentang snmptn dam bidik misi, aku line kakak aja ya makasih kak

    BalasHapus
  9. izin kak, mau tanya kakak wawancaranya duluan waktunya dari daftar ulangnya ya kak?
    apasaja yang di tanya saat wawancara bidikmisi kak?
    biaya hidup di bali mahal ngak kak?

    BalasHapus